Serat… Kunci Hidup Sehat dan Panjang Umur

Serat… Kunci Hidup Sehat dan Panjang Umur

Sudah sejak lama para ahli kesehatan menyarankan makanan tinggi serat untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan usia harapan hidup.

Studi melibatkan lebih dari 1.600 orang dewasa di Australia oleh tim peneliti dari the University of Sydney’s Westmead Institute for Medical Research yang dimuat dalam Jurnal of Gerontology, menemukan bahwa mereka yang konsumsi 80% makanan serat, bebas penyakit dan tetap sehat meski usia lanjut (Successful aging). “Successful aging” didefinisikan dalam penelitian sebagai masa tua yang tidak mengalami cacat fisik, depresi, gangguan pernapasan atau gangguan kesehatan kronis lainnya seperti kanker, tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit jantung. Mereka yang mencapai tahap ini karena mengkonsumsi makanan berserat sekitar 30 gram/hari seperti roti gandum dan sereal, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

Mereka yang dilibatkan dalam studi ini berusia sekitar 49 tahun atau lebih dan dimonitor selama satu dekade dimulai dari tahun 1994. Semuanya dinyatakan bebas dari kanker dan penyakit jantung. Survei menilai rutinitas diet, dengan fokus khusus pada serat, karbohidrat dan asupan gula. Selama kurun waktu 10 tahun itu, tim peneliti menyimpulkan bahwa 15,5% peserta berhasil mencapai “Successful aging”. Sebaliknya, mereka yang konsumsi serat dibawah rata-rata cenderung menjalani masa tua yang kurang baik.

Para peniliti mencatat bahwa kadar gula darah dan dampak karbohidrat pada tingkat gula darah tidak berperan pada kelompok yang konsumsi tinggi serat. Para peneliti juga menemukan bahwa hanya 25 dari para peserta penelitian yang mengkonsumsi serat sesuai rekomendasi.

Buah, dan sayur mengandung banyak serat, misalnya alpukat, stroberi, raspberry, blueberry, jeruk, wortel, sayuran hijau. Begitu juga kacang-kacangan, biji-bijian,jagung, kacang polong, popcorn, sereal bran dan oatmeal. Serat mampu menurunkan peradangan yang disebabkan oleh gula darah. Peradangan merupakan faktor kunci penuaan dan berbagai gangguan kronis. Serat juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga memberikan manfaat kesehatan.

Serat juga menjadi makanan bagi bakteri yang bisa menghasilkan zat yang membantu meningkatkan kesehatan seperti hormon yang membantu mengatur nafsu makan dan gula darah.

Saat ini pola makan bergeser ke pilihan makanan instan/olahan yang identik dengan makanan tinggi kalori dan lemak, sementara rendah vitamin, mineral dan serat. Pilihan makanan seperti ini beresiko pada kelebihan berat badan serta gangguan metabolisme seperti diabetes mellitus, penumpukan kolesterol dan trigliserida, asam urat dll. Jika ini juga terjadi pada anda, pastikan rutin minum KK Minuman Serbuk Kedelai yang kaya vitamin dan mineral serta serat untuk mengimbangi pola makanan yang tidak seimbang. Selain itu KK Minuman Serbuk Kedelai kaya akan lesitin, rendah lemah jenuh tinggi lemak tak jenuh, non kolesterol, serta cocok sebagai pengganti susu sapi bagi penderita laktosa intoleran. Diekstrak dari varietas kedelai terbaik di dunia yang dibudidayakan di Hei Long Jiang China diatas tanah hitam tanpa pupuk buatan. Rasa dan aromanya berbeda dengan minuman kedelai lain karena bebas dari rasa dan bau langu.

Share:
;